Ecorun3.png
Eco9.png

Keunggulan Program ini memiliki konsep yang berbeda dari event lari lainnya yang ada di Kab. Bintan Provinsi Kepulauan Riau seperti kegiatan skala Internasional Bintan Triathlon, Tour de Bintan, Bintan Marathon dimana event Ecorun Mapur Island ini merupakan serangkaian kegiatan kompetisi olahraga sekaligus kegiatan pariwisata Bahari yang mengusung tema pelestarian alam dan dikemas dalam bentuk paket liburan. Peserta event

Ecorun.png

Kepulauan Riau yang merupakan salah satu provinsi terluar yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga menjadikannya daerah yang diperhitungkan kedepan, namun tampaknya belum dapat dipahami sebagian masyarakat yang kesehariannya bergantung dengan alam. Kepulauan Riau yang merupakan salah satu provinsi terluar yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga menjadikannya daerah yang diperhitungkan kedepan, namun tampaknya belum dapat dipahami sebagian masyarakat yang kesehariannya bergantung dengan alam.

Event ini merupakan kegiatan kompetisi olahraga berlari yang dilaksanakan di sebuah pulau kecil di sisi Timur Pulau Bintan dengan konsep olahraga berlari menyusuri pemukiman warga, hutan, pesisir dan pantai yaitu Pulau Mapur, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.
 
 

Eco10.png

Tahapan dalam merealisasikan gagasan dan ide ini melibatkan seluruh masyarakat di Pulau Mapur, yang terdiri dari berbagai komponen seperti pemuda, aparatur desa dan kecamatan, serta tokoh masyarakat Pulau Mapur, juga terdapat bantuan tenaga dari penyuluh perikanan dan penggiat lingkungan yang ada di Kabupaten Bintan. Dukungan juga diperoleh dari pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Pariwisata yang juga mempunyai target untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Kepulauan Riau.

122_edited.jpg

Peserta event dan masyarakat setempat terlibat dalam melepasliarkan tukik penyu hasil penangkaran, menanam terumbu karang di perairan laut dengan sistem adopsi (pemberian nama/Tagging) serta menikmati keindahan taman kima dengan cara snorkeling. Taman kima ini merupakan hasil inisiasi bersama dengan masyarakat pulau mapur yang profesi utamanya adalah nelayan tradisional dalam rangka membangun dan membina wisata berbasis pemberdayaan masyarakat pesisir di Kabupaten Bintan.
 
Event Eco Run Mapur Island juga disuguhi berbagai hiburan dan atrkasi budaya kental dengan nuansa melayu, wisatawan yang baru menginjak ke Pulau Mapur disambut dengan Penari persembahan sebagai penghormatan tamu hadir ke Pulau Mapur, serta Pencak Silat sebagai beladiri yang menjadi pembuka Event Eco Run Mapur Island dan malam harinya para wisatawan diajak berbaur dengan masyarakat pesisir dengan berjoget bersama dengan kesenian Joget Dangkong dengan Instrumen Alat Musik Tradisional Melayu.

Tujuan program ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan, dan menjadikan pulau mapur sebagai destinasi wisata berbasis konservasi alam serta penetapan sebagai Desa Wisata Bahari oleh Pemerintah Kab. Bintan.

Mengubah pola pikir dan kesadaran seluruh masyarakat yang ada di pulau mapur, dan dapat menjadikan pulau mapur sebagai pilot project pelestarian lingkungan.

4.png
2.png
3.png
http___pluspng.com_img-png_youtube-new-l